Integrasi GPT dan MBTI untuk Personalisasi Modul Ajar: Pendekatan Berbasis Karakter Psikologis Siswa SD

Authors

  • Muhammad Sulkhan Nurfatih Universitas Serelo Lahat Author
  • Firza Septian Universitas Serelo Lahat Author
  • Nina Dwi Putriani Universitas Serelo Lahat Author

Keywords:

Kecerdasan_buatan, GPT, MBTI, modul_ajar, psikologis_siswa

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) menghadirkan peluang baru dalam personalisasi pembelajaran di pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan integrasi antara model Generative Pre-trained Transformer (GPT) dan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dalam proses penyusunan modul ajar yang disesuaikan dengan karakter psikologis siswa. Pendekatan ini dikembangkan sebagai solusi atas tantangan guru dalam memahami kebutuhan belajar individual siswa yang beragam. Metodologi yang digunakan terdiri dari tiga tahap: identifikasi karakteristik siswa melalui tes MBTI berbasis observasi, pengelompokan hasil menggunakan prinsip interpretasi psikologis, dan penggunaan GPT untuk menghasilkan rekomendasi modul ajar yang relevan berdasarkan tipe kepribadian. Evaluasi dilakukan secara terbatas melalui uji fungsional logika sistem dan tinjauan isi hasil modul oleh tenaga pendidik. Hasil menunjukkan bahwa metode ini memberikan alternatif yang efektif dalam menyusun konten pembelajaran yang lebih responsif terhadap kebutuhan emosional dan kognitif siswa. Penelitian ini tidak hanya memperlihatkan potensi integrasi AI dan psikometri dalam dunia pendidikan, tetapi juga membuka ruang pengembangan sistem pembelajaran berbasis data untuk mendukung guru dalam proses perencanaan pembelajaran yang lebih adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Khan, Z. Khan, A. Koubaa, and M. K. Khan, “Global insights and the impact of generative AI- ChatGPT on multidisciplinary : a systematic review and bibliometric analysis,” vol. 0091, 2024, doi: https://doi.org/10.1080/09540091.2024.2353630. Available: https://doi.org/10.1080/09540091.2024.2353630

M. A. Malik, “Global insights : ChatGPT ’ s influence on academic and research writing , creativity , and plagiarism policies,” no. November 2018, 2023, doi: https://doi.org/10.3389/frma.2024.1486832

S. Krause, A. Dalvi, and S. K. Zaidi, “Generative AI in Education : Student Skills and Lecturer Roles,” pp. 1–19, doi: https://doi.org/10.48550/arXiv.2504.19673

Y. Jin, L. Yan, V. Echeverria, and D. Gašević, “Generative AI in Higher Education : A Global Perspective of Institutional Adoption Policies and Guidelines,” vol. 4984, pp. 1–16, 2024, doi: https://doi.org/10.48550/arXiv.2405.11800

K. Łodzikowski, P. W. Foltz, and J. T. Behrens, “Generative AI and Its Educational Implications,” pp. 1–19, doi: https://doi.org/10.48550/arXiv.2401.08659

C. Ka, Y. Chan, and W. Hu, “Students ’ Voices on Generative AI : Perceptions , Benefits , and Challenges in Higher Education”, doi: https://doi.org/10.48550/arXiv.2305.00290

L. Chen and P. Chen, “Artificial Intelligence in Education : A Review,” vol. 8, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2988510

Stuart J. Russell and Peter Norvig, Artificial Intelligence A Modern Approach, Third Edit. United States of America: Pearson Education, Inc. doi: DOI:10.1145/3686038.3686063

E. Alpaydm, Introduction to Machine Learning. Massachusetts London, England: The MIT Press Cambridge.

M. M. Asad and A. Ajaz, “Impact of ChatGPT and generative AI on lifelong learning and upskilling learners in higher education: unveiling the challenges and opportunities globally,” Int. J. Inf. Learn. Technol., vol. 41, no. 5, pp. 507–523, Jan. 2024, doi: 10.1108/IJILT-06-2024-0103. Available: https://doi.org/10.1108/IJILT-06-2024-0103

J. Clos, “Investigating the Impact of Generative AI on Students and Educators : Evidence and Insights from the Literature”, doi: 10.1145/3686038.3686063

M. R. Fadhilah, Analisis Jenis Kepribadian Berbasis Myers-Briggs Type Indicator Dalam Penentuan Minat Karier Siswa. 2024.

Z. Zubaidah, E. R. Hatija, N. Husna, and S. Sariyati, “Peran Tes kepribadian MBTI dalam Proses Konseling: Meningkatkan Pemahaman dan Pengembangan Diri individu,” Menara Ilmu, vol. 18, no. 1, pp. 34–40, 2024, doi: 10.31869/mi.v18i1.5430

D. A. Sari, “Implementasi Metode AHP Pada Sistem Pengukuran Tingkat Kecocokan Belajar Antara Guru Dengan Siswa Berdasarkan Learning Style Siswa.” 2020. Available: http://repository.upi.edu/47703/

A. D. I. Guntoro et al., “Sistem Pakar Penentuan Kompetensi Ti Berdasarkan SKKNI – MBTI Menggunakan Metode Naive Bayes,” 2018.

X. Lin, R. Y. Chan, S. Sharma, and K. Bista, “The Impact of Artificial Intelligence ( AI ) on Global Higher Education : Opportunities and Challenges of Using ChatGPT and Generative AI,” pp. 1–17.

Downloads

Published

20-07-2025

How to Cite

Nurfatih, M. S., Firza Septian, & Nina Dwi Putriani. (2025). Integrasi GPT dan MBTI untuk Personalisasi Modul Ajar: Pendekatan Berbasis Karakter Psikologis Siswa SD. Jurnal Teknologi Informasi Digital, 1(1), 22-28. https://jurnal.ipdig.id/index.php/jtid/article/view/10