Tren Digitalisasi Bisnis di Indonesia; Analisis Minat Pencarian ‘Aplikasi Kasir’ di Google Search & Trends

Authors

  • Asep Koswara IKOPIN University Author

Keywords:

Administrasi Bisnis, Digitalisasi UMKM, Aplikasi Kasir, Google Trends, Adopsi Teknologi

Abstract

Transformasi digital pada sektor UMKM mendorong adopsi teknologi aplikasi kasir sebagai bagian dari digitalisasi administrasi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren pencarian publik terhadap aplikasi kasir digital di Indonesia dalam lima tahun terakhir menggunakan data sekunder dari Google Trends dan Google Search. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kuantitatif dengan analisis visual data tren, distribusi geografis, popularitas merek, serta istilah kata kunci yang relevan. Hasil menunjukkan bahwa minat terhadap aplikasi kasir digital mengalami peningkatan yang stabil dengan Qasir.id, Kasir Pintar, dan Moka POS sebagai merek paling populer. Wilayah seperti Yogyakarta, Gorontalo, dan NTB mencatat tingkat pencarian tertinggi, menunjukkan adopsi teknologi yang meluas di luar kota besar. Istilah pencarian umum berkisar pada kebutuhan aplikasi gratis, multiplatform, dan cocok untuk berbagai jenis usaha. Temuan ini menunjukkan bahwa digitalisasi administrasi bisnis UMKM tidak hanya bergantung pada teknologi, tetapi juga pada aksesibilitas informasi dan relevansi fitur dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran data publik daring dalam memetakan kebutuhan digital UMKM serta memberikan wawasan bagi pengembang aplikasi dan pembuat kebijakan. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Y. P. D. (2024). Analisis Kesiapan Transformasi Digital UMKM dalam Penggunaan Aplikasi Pos Digital System dengan Metode I-Toe Framework. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 30(1), 175–184.

Bank Indonesia. (2025). Laporan Tahunan Sistem Pembayaran Indonesia 2024.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

e-Conomy SEA. (2024). e-Conomy SEA 2024 report - Google. https://economysea.withgoogle.com/intl/id_id/home/

Farhana, A. (2023). Membangun Keunggulan Kompetisi Aplikasi Kasir Restoku dari PT Restoku Andalan Indonesia melalui Strategi Harga. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 160–173.

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi bisnis UMKM Sanfresh melalui digitalisasi bisnis pasca COVID-19. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 9–15. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399

Jakarta Daily. (2025). Indonesia’s E-Commerce Growth to Reach $120 Billion in 2025, Backed by MSMEs and Digitalization. https://www.jakartadaily.id/market-finance/16214688214/indonesias-e-commerce-growth-to-reach-120-billion-in-2025-backed-by-msmes-and-digitalization

Jaza, M. M., Khoiruddin, M. I., Pinasty, R. N., Barira, I. N., & Adhitya, T. (2024). Integrasi Kasir Pintar Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Warung Kuliner Dhoho Plaza Kota Kediri. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 537–542. https://doi.org/10.30762/welfare.v2i3.1764

Judijanto, L., Anggraini, F. D., Supartha, I. K. D. G., Irmadiani, N. D., Mudjiyanti, R., & Putri, A. (2024). Bisnis Digital: Tren dan Perkembangannya Saat Ini. PT. Green Pustaka Indonesia.

Kominfo. (2024). Target 30 juta UMKM go digital di 2024. https://m.kominfo.go.id/content/detail/58051/siaran-pers-no-475hmkominfo082024-tentang-tahun-2024-indonesia-targetkan-30-juta-pelaku-umkm-adopsi-teknologi-digital/0/siaran_pers

Kompas ID. (2025). Optimizing Digital Platforms Strengthens MSME Market. https://www.kompas.id/artikel/en-optimalisasi-platform-digital-memperkuat-pasar-umkm

Maryatmo, R., & Pamenta, D. V. (2023). Peran Aplikasi Digital Pada Kinerja Bisnis Kedai Kopi Skala Mikro Di DIY. Modus, 35(1). https://doi.org/10.24002/modus.v35i1.6967

Media Indonesia. (2025). 38,1 Juta UMKM sudah Pakai QRIS hingga Triwulan I 2025. https://mediaindonesia.com/ekonomi/768994/381-juta-umkm-sudah-pakai-qris-hingga-triwulan-i-2025

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Pearson Education Limited.

Puspitawati, L., Cahyani, N., & Hertati, L. (2022). Peningkatan tata kelola keuangan agrowisata desa cimande melalui digitalisasi bisnis. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(3). https://doi.org/10.36982/jam.v6i3.2708

QASA Business Insights. (2025). Digitalization Trends of MSMEs in Indonesia 2025. https://qasaconsulting.com/insight/digitalization-trends-of-msmes-in-indonesia-2025

Rosdiyati, R., Kurniyawati, I., & Susilawati, E. (2024). Optimalisasi Pengembangan Bisnis Melalui Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Digital Pada UMKM (Studi Kasus Fashion Baju Thrift). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 8447–8463. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11419

Sanda, F. F., Dewi, R., & Zuhro Fitriana, A. Q. (2025). Tantangan dan Peluang UMKM di Tengah Tren Ekonomi Digital. Inflasi: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 2(2), 124–128.

Santoso, G., Rizal, M., Wiyana, H., & Subagja, S. N. (2025). Digitalisasi UMKM: Strategi Dan Model Bisnis Berbasis Teknologi Untuk Keberlanjutan. JUBISDIGI: Jurnal Bisnis Digital, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.9030/jubisdigi.v1i1.936

Sapta, I. K. S., Utami, N. M. S., Verawati, Y., & Dwiyanti, N. K. A. P. (2025). Penerapan Sistem Inovasi Pembayaran Digital dan Pengelolaan Operasional pada Pelaku UMKM. BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50–61. https://doi.org/10.30822/berbakti.v3i1.4174

Siahaan, D. A., Balakosa, P. A., PN, D. G., Edi, A. A., FA, T. T., & Normansyah, M. (2025). Peran Digitalisasi dalam Meningkatkan Efektivitas Pemasaran dan Manajemen Keuangan pada UMKM Dukesman Barbershop di Surabaya. Ekopedia: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 1(2). https://doi.org/10.63822/d3aaq811

Siregar, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perhitungan SPSS. Kencana Prenada Media.

Sitompul, G. O., Eleuwyaan, P. F., Rosmawati, P., Siahaan, N. R., Hotang, M. B., & Manurung, N. (2025). Penerapan Penggunaan Aplikasi Digital Kasir Pada Pelaku UMKM Warung Mba Merry. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(4), 760–765.

Sutrisno, S. (2024). Aplikasi Point of Sales Berbasis Website pada Toko D’Hardjoseuwarno untuk Prediksi Penjualan Produk Menggunakan Regresi Linier. http://eprints.poltektegal.ac.id/4201/

Trisusena, B., Diyani, A. M. N., Fransisca, A., & Gunardi, G. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Moka POS dalam Sistem Informasi Penerimaan Kas (Studi Kasus UMKM AAB di Kecamatan Ciparay). Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 114–123. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.121

Wikipedia. (2025). Google Trends. https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Trends

World Economic Forum. (2025). Why ASEAN’s new Digital Economy Framework Agreement is a game-changer. https://www.weforum.org/stories/2025/05/asean-digital-economy-framework-agreement-a-gamechanger/

Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, M. (2019). Business Research Methods (10th ed.). Cengage Learning.

Downloads

Published

21-07-2025

How to Cite

Tren Digitalisasi Bisnis di Indonesia; Analisis Minat Pencarian ‘Aplikasi Kasir’ di Google Search & Trends. (2025). Jurnal Administrasi Dan Bisnis Digital, 1(1), 1-14. https://jurnal.ipdig.id/index.php/abdi/article/view/9