Optimalisasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Tematik Pada Program Kampus Mengajar di SDN Hegarmukti 01
Keywords:
Kampus Mengajar, Literacy, Numeracy, SDN Hegarmukti 01, Digital TransformationAbstract
Program Kampus Mengajar Angkatan 8 di SDN Hegarmukti 01, Kabupaten Bekasi, merupakan upaya kolaboratif antara dosen, mahasiswa, dan sekolah dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan literasi, numerasi, serta adaptasi teknologi pendidikan. Program ini melibatkan enam mahasiswa dari berbagai universitas dengan bimbingan dosen pendamping lapangan, melaksanakan serangkaian program seperti Pojok Literasi, Two Weeks One Book, Ular Tangga Literasi-Numerasi, Kelas Tambahan Literasi-Numerasi, serta Festival Literasi dan Numerasi. Selain itu, kegiatan digital seperti Pelatihan Canva bagi guru dan siswa, serta Nonton Bersama edukatif juga diadakan untuk mendorong transformasi digital di sekolah. Berdasarkan hasil asesmen awal dan akhir (pre-test dan post-test AKM), diperoleh peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi dan numerasi siswa, terutama di kelas 5 dan 6. Program ini juga berdampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar, partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta keterlibatan guru dalam inovasi pengajaran. Artikel ini merefleksikan praktik baik dari implementasi rencana aksi kolaboratif serta potensi replikasi program di sekolah dasar lainnya.