Pemberdayaan UMKM Bina Sejahtera Bersama Melalui Pelatihan Strategi Digital Marketing dan Pemanfaatan Instagram Bisnis di Kabupaten Banjarnegara
Keywords:
UMKM, literasi digital, Instagram Bisnis, pemasaran digital, pengabdian masyarakatAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis sebagai tulang punggung perekonomian nasional, Namun demikian, UMKM masih menghadapi berbagai tantangan dalam beradaptasi terhadap perkembangan teknologi digital. Transformasi digital merupakan kebutuhan mendesak bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk dapat bertahan dan berkembang di tengah pesatnya kemajuan teknologi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital pelaku UMKM “Bina Sejahtera Bersama” di Kabupaten Banjarnegara, khususnya dalam pemanfaatan media sosial Instagram Bisnis sebagai strategi pemasaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode edukasi dan pendampingan, serta disertai dengan tes untuk mengukur sejauh mana pemahaman pelaku UMKM terhadap materi yang disampaikan. Pendekatan ini meliputi penyuluhan dalam bentuk pemberian materi secara interaktif, pelatihan langsung, dan pendampingan teknis, menyeluruh, dan terstruktur guna memberikan pemahaman serta keterampilan praktis dalam penggunaan platform digital. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai konsep literasi digital dan strategi pemasaran melalui Instagram Bisnis. Rata-rata peningkatan pengetahuan peserta mencapai 50% dibandingkan dengan hasil pre-test, yang mencerminkan keberhasilan metode pelatihan yang diterapkan. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan praktis dan pendampingan dalam meningkatkan kapasitas digital pelaku UMKM.