Peningkatan Nilai Jual Produk Tenun Lokal Melalui Desain Baju Tenun Modern yang Inovatif
Keywords:
Selling Values, Products, Modern, Innovative Woven ClothesAbstract
Indonesia memiliki kekayaan budaya dalam bentuk kain tenun tradisional. Namun, kain tenun seringkali hanya digunakan untuk pakaian adat atau acara tertentu, sehingga kurang diminati oleh generasi muda. Terdapat potensi besar untuk meningkatkan nilai jual produk tenun dengan menciptakan desain baju yang modern dan sesuai dengan selera pasar saat ini. Tujuan Penelitian PKM ini adalah untuk Mendesain dan memproduksi baju tenun dengan model yang inovatif dan menarik minat pasar, Meningkatkan nilai jual produk tenun lokal, Memperkenalkan kain tenun tradisional kepada generasi muda melalui desain yang lebih modern dan Menciptakan lapangan pekerjaan bagi perajin tenun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh produsen atau pengrajin kain tenun sasirangan masih sangat kurang dan belum mampu mengembangkan pemasaran secara luas dan kreatif (2) kurang mendapat perhatian lebih oleh pemerintah untuk mempertahankan eksistensi adat khas masyarakat yang ada sejak dulu dan usaha produsen atau pengrajin yang sudah ada turun temurun agar bisa terus bertahan dijaman sekarang dan dimasa yang akan datang.